Banyak pengguna Minerva R 150 VX yang mengeluhkan saat perpindahan gigi terasa keras dan berat. Berikut penyebab beratnya tarikan kopling dan kerasnya perpindahan gigi, serta tips agar perpindahan gigi Minerva VX terasa lembut dan enteng.
Berikut beberapa poin penyebab sulitnya saat melakukan perpindahan perseneling:
1. Setelan kopling di handle dan di bak mesin yang kurang pas.
2. Kabel kopling kotor atau berkarat karena terkena debu atau air.
3. Bahan per kopling yang terlalu kaku dan keras.
4. Kampas kopling yang sudah tipis/aus.
5. Kekentalan oli pada mesin (viskositas).
Berikut ulasan poin-poin tersebut beserta tips menanganinya:
Poin 1. Setelan pada handle kopling, coba di putar ke kanan supaya agak sedikit mepet dengan pangkal handle kopling. Tetapi jangan terlalu mepet, karena kabel kopling bisa saja tidak nyantol dan tidak tertarik saat handle kopling ditekan, dan diputar agak sedikit jauh untuk setelan kopling yang terdapat di bak mesin.
Poin 2. Usahakan setiap satu bulan sekali melepas kabel kopling dari motor guna untuk pembersihan /perawatan, semprotkan cairan pembersih (penetran) atau cairan sejenisnya bahan peluntur karat dengan cara tarik ulur beberapa kali hingga cairan tersebut mengalir ke ujung kabel kopling. Lakukanlah berulang hingga bersih. Setelah itu lumasi minyak goreng pada kabel kopling dan pastikan minyak goreng membasahi seluruh dalam kabel kopling. Tetapi ingat, jangan sekali-kali melumaskan oli atau gemuk kedalam kabel kopling atau kabel gas karena dua bahan tersebut mudah sekali menahan kotoran atau debu di dalam kabel kopling atau kabel gas, yang bisa menyebabkan seret/macet saat digunakan. Jika sudah begitu akan menyebabkan kabel kopling atau gas Anda cepat putus.
Poin 3. Penggunaan bahan per kopling yang kaku dan keras juga menyebabkan tarikan kabel kopling terasa keras dan berat. Solusinya, carilah bahan per kopling yang tidak terlalu kaku dan keras dengan menggunakan merek-merek tertentu yang dapat diperoleh di toko-toko aksesori motor untuk memperoleh per kopling yang berkualitas seperti Yoshimura, TDR, Kawahar , HRP, BRT, Daytona, Kitaco dll. Perlu diingat, bahwa perkopling Minerva 150VX jumlahnya ada 5 buah. Bila Anda menggunakan per kopling Honda Tiger harus membeli dua set, karena hanya memiliki 4 buah/setnya.
Poin 4. Penggantian kampas kopling pada motor Anda bukan dilihat dari jarak kilometer yang ditempuh, melainkan seberapa sering Anda menarik kabel kopling tersebut. Itu sangat berpengaruh pada umur kampas kopling. Menipisnya kampas kopling dapat menyebabkan berbagai masalah. Diantaranya adalah sulitnya oper gigi, biasanya kalo kampas kopling habis ditandai dengan bunyi di dalam bak kopling. Bunyi tersebut terdengar saat handle kopling ditarik atau bisa dideteksi dari daya angkat motor di gigi 1 (tidak bertenaga), dan itu bisa dipastikan kampas kopling sudah aus atau habis.
Poin 5. Viskositas atau kekentalan oli mesin sedikit juga berpengaruh terhadap kinerja kopling, oli mesin sangat diperlukan untuk mempermudah perpindahan gigi. Semakin kental oli akan sedikit mempengaruhi kerasnya perpindah gigi, usahakan untuk memakai oli yang ber SAE 10/40 tapi jangan salah artikan bradsis. Oli sedikit agak kental juga diperlukan untuk motor yang berjarak tempuh jauh, sebab oli yang sedikit: ber-SAE 15/50 atau SAE 20/50 akan membantu mendinginkan mesin yang berjarak tempuh jauh.
Apabila Anda ingin lebih enteng lagi, bisa juga mengganti full set gigi rasio Minerva 150 VX Anda menggunakan merek lain. Selamat mencoba.
No comments:
Post a Comment