Saturday, March 29, 2014

Modifikasi Minerva R 150 VX - Penggantian Rasio

Minerva Modifikasi

Berbagi pengalaman pribadi sebagai pengendara Minerva dan atas permintaan seorang teman dari Team Sapu Ranjau Nusantara untuk mengulas tentang penggantian gigi transmisi / gigi rasio Minerva dengan gigi rasio Honda MegaPro. Sehingga saya kembali kebelakang untuk mengingat tentang penggantian gigi rasio dan modifikasi Minerva R 150 VX yang saya lakukan. Kejadian Bermula ketika saya melakukan modifikasi Minerva dengan ban dan velg lebar (swing arm standart), velg ukuran 3,5 ring 17 ban ukuran 160/50. Dengan demikian memaksa saya untuk memodifikasi final gear agar tidak bertabrakan dengan ban. Modifikasi tersebut dengan cara membuat gir depan dan belakan agak geser ke kiri agar tidak mentok dengan ban yang sangat lebar tersebut (modifikasi Minerva menggunakan ban lebar 160/50 menggunakan swing arm standart akan saya ulas di posting berikutnya).

Singkat cerita, modifikasi tersebut membuat gir gepan modifikasi menjadi tidak normal (goyang) dan lama kelamaan mulai merusak lubang as gir depan. Lebih parah lagi dikarenakan kesibukan waktu itu membuat saya malas memperbaiki kondisi tersebut, akhirnya ketika saya melakukan perjalanan pulang ke rumah sekitar pukul 01.00 as gir depan akhirnya ‘rampal’ juga.

As Gir Minerva R 150 VXAs Gir Depan Minerva R 150 VX yang Rampal

Kemudian dipagi hari berikutnya saya berinisiatif untuk mengelas ‘mati’ gir depan tersebut. Pengelasan tersebut menggunakan las kuningan yang ditambah lagi dengan las listrik. Tetapi tukang lasnya berpesan kalau pengelasan tersebut tidak akan bertahan lama. Dan benar saja, di hari berikutnya ketika melakukan perjalanan ke Surabaya sekitar pukul 13.00 as gir tersebut ‘rampal’ lagi. Dan mengharuskan saya menuntun motor sekitar 2,5KM. Dengan panasnya suhu di Surabaya, dapat anda bayangkan betapa menderitanya saya ^_^ .

Gigi Transmisi Minerva R 150 VXGigi Transmisi Minerva R 150 VX

Setelah bertemu sebuah bengkel saya mengusulkan untuk mengelas dan kemudian membubut as gir tersebut untuk dudukan gir depan, sehingga memaksa saya melakukan ‘turun mesin’. Singkat cerita modifikasi tersebut pun tidak bertahan lama (5 hari). Dan lebih parahnya ketika saya berkendara dengan kecepatan sekitar 70KM/jam,  gir depan pun lepas dan memecahkan tutup rantai. Motorpun berhenti mendadak dikarenakan rantai yang terjepit diantara swing arm dan teromol belakang. Kejadian tersebut hampir mencelakakan saya.

Tutup Rantai Minerva PecahTutup Rantai Minerva R 150 VX yang Pecah

Dengan berbagai pengalaman yang sangat menyakitkan tersebut, saya ingin melakukan penggantian pada as gir depan dengan merek Honda. Dikarenakan sangat sulit untuk mencari penjual as gir depan motor Jepang tersebut, akhirnya saya memesan pada bengkel kepercayaan untuk menebus gigi transmisi / full set gir rasio  Honda New MegaPro original kondisi 95%.

Rasio New MegaProGigi Transmisi New MegaPro

Gigi transmisi full set tersebut terdiri dari poros utama (main shaft/input shaft), poros luar (output shaft/ counter shaft), selector pin retaining plate/stopper,  selector drum/botol pemutar, roda gigi geser,  roda gigi bebas, roda gigi mati. Perubahan tersebut tidak mengubah ruang gearbox, tetapi ada sedikit perbedaan antara panjang selector drum Minerva R150VX dengan selector drum new Mega Pro. Selector drum Minerva yang panjang berfungsi sebagai tuas untuk menyalakan lampu ‘netral’ yang terdapat pada dashboard.

Selector Drumb Minerva R 150 VXdan Mega ProSelector Drumb Minerva R 150VX dan New MegaPro

Saran: dikarenakan gasket gearbox Minerva R 150 SE maupun Minerva R 150 VX tergolong langka, saya sarankan untuk memesan terlebih dahulu di dealer atau service center minerva di kota Anda sebelum melakukan turun mesin. Apabila sudah sangat terpaksa, bisa menggunakan gasket dari kertas TBA firefly, meski tidak menjamin kekuatannya. Tetapi saya pribadi menggunakan kertas TBA pada gearbox tengah dan samping tanpa ada kebocoran oli selama sekitar satu tahun ini. Akhir kata apabila ada yang ingin Anda tanyakan, silahkan menuliskan pertanyaan atau saran Anda pada kolom komentar di bawah postingan ini. Baik tentang postingan ini maupun tentang modifikasi Minerva. Saya akan menjawab dengan senang hati. Salam Unlimited Brotherhood...!!!

No comments:

Post a Comment